Langkah-langkah Instalasi Linux Ubuntu Melalui Live USB

Pertama siapkan Live USB installer-nya. jika belum liat tutorial cara membuat live usb.
Jika sudah langsung saja kita mulai.

1. Tancapkan live USB Installer-nya.
2. Restart PC Sobat.
3. Masuk ke setting BIOS lalu setting Boot Priority from USB.
4. Pada jendela awal tampilan ubuntu, pilih bahasa yang sesuai keinginan anda. Disini saya pilih bahas internasional. Lalu klik Install Ubuntu.
ubuntu-langkah-1

5. Jika ada koneksi wifi akan lebih baik untuk update pada saat proses instalasi, centang untuk mengaktifkannya "Download update while installing". jika tidak di centang juga tidak apa-apa. Lalu klik Continue.
ubuntu-langkah-2

6. Pilih "Something Else" jika ingin membuat dual boot atau jika ada disk kosong yang disediakan. Klik Continue.
ubuntu-langkah-3

7. Pada menu menu, jika harddisk anda terdeteksi baru, belum di partisi sebelumnya maka akan nampak seperti tampilan dibawah ini, untuk membuat partisi tabel partisi baru klik "New Partition Table".
ubuntu-langkah-4

8. Jika ada peringatan seperti dibawah ini klik Continue.
ubuntu-langkah-5

9. Jika tabel partisi sudah dibuat langkah selanjutnya adalah membuat type-type partisi yang akan digunakan oleh Ubuntu, Linux Ubuntu hanya memerlukan 2 Type partisi yang digunakan yaitu root:"/" sama swaparea. untuk membuat type partisi langkah pertama yaitu klik Menu + pada menu sebelah kiri bawah.
ubuntu-langkah-6

10. Langkah kedua, yaitu membuat type area swap dari sisa kapasitas harddisk yang digunakan, swap berfungsi sebagai RAM cadangan ketika RAM utama overload, maka untuk mencegah overload tersebut maka digunakanlah areaswap ini. Untuk membuatnya silakan klik Free Space, kemudian klik lagi tombol +.
ubuntu-langkah-7

11. Untuk ukuran gunakan saja semuanya, dan yang terpenting adalah memilih swap area pada use as, kemudian klik OK.
ubuntu-langkah-8

12. Jika semua sudah dibuat, maka akan terlihat seperti tampilan dibawah ini, perhatikan partisi yang akan diformat akan diberi tanda ceklist pada menu format ini, biarkan saja ceklist ini ada, untuk melanjutkan klik Install Now.
ubuntu-langkah-9

13. Plih posisi negara dengan cara klik pada peta yang telah disediakan, kemudian klik Continue untuk melanjutkan.
ubuntu-langkah-10

14. Pilih jenis keyboard yang ada pakai, biasanya pada menu ini sering kita lewati karena linux ubuntu akan otomatis mendeteksi jenis keyboard yang anda pakai, klik Continue untuk melanjutkan.
ubuntu-langkah-12

15. Pada menu ini, isikan semua informasi tentang Anda, dari nama pemakai, nama komputer, username, password, jika sudah selesai klik Continue untuk melanjutkan.

16. Tunggu proses instalasi berjalan.

17. Munclu jendela peringatan, klik Restart.

18. Selesai Ubuntu 14 sudah siap digunakan.




Previous
Next Post »
Thanks for your comment